Minggu, 03 Februari 2019

dibalik kesuksesan presiden termuda amerika serikat

Akhir pekan kemarin saya membaca kisah tentang Theodore Roosevelt. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut.
Ya, betul Theodore Roosevelt adalan mantan presiden Amerika ke-26 dan termasuk presiden Amerika Serikat termuda ketika terpilih menjabat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi di Amerika Serikat.
Dibalik kesuksesan dan kegemilangan karirnya di bidang politik ternyata ada kisah unik mengenai kejayaan pria yang terkenal dengan kumis walrusnya yang ikonik itu.
Sejak lahir TR, panggilan akrabnya, sudah mengalami ‘ketidakberuntungan’. Lahir dengan gangguan penyakit asma bronkial akut.
TR kecil seringkali tiba-tiba terbangun dari tidur dengan napas terengah-engah, sesak napas dan wajah pucat kebiruan. Bahkan tidak jarang asma yang diderita Roosevelt berujung pada diare yang berkepanjangan.
Alergi pernapasan dan gangguan pencernaan yang dialami TR menghambat perkembangan fisiknya.Sehari-hari dia tampak pucat, kerempeng, kecil untuk anak seusianya, dengan kaki kurus,mata biru, rambut berpasir.
Giginya menonjol, ortodontik. Di kemudian hari, Roosevelt menyembunyikan bentuk giginya yang buruk itu di bawah kumis walrusnya.
Eits tapi di sini saya nggak akan bahas lebih lanjut tentang kumisnya ya.
TR kecil dikenal sebagai anak yang penyakitan dan memiliki prestasi rendah.
Suatu hari saat TR berusia 11 tahun ayahnya berkata “TR, percuma saja kau belajar keras kalau tubuhmu rapuh. Kendaraan pribadimu yang lemah itu tak akan pernah bisa membawamu ke masa depan yang kau impikan lewat sekolah”.
Singkat cerita dibawah bimbingan ayahnya TR kecil dilatih dengan sangat keras. Ayahnya bahkan sampai membangun gymnasium pribadi di teras rumahnya.
Sehari-harinya TR berlatih mengangkat beban, push-up, berlatih kelenturan dengan palang sejajar.
Suatu hari ketika berlatih menembak ayahnya merasa heran karena TR sama sekali tidak bisa membidik sasaran jauh. Ternyata TR memiliki gangguan rabun jauh ekstrem.
Karena fisiknya yang lemah TR kecil belajar dengan sistem homeschooling dengan guru privat, sehingga miopianya tidak diketahui orangtuanya. Di usia 13 tahun barulah orangtuanya mengetahui bahwa TR memiliki gangguan miopia.
Dengan kacamata berlensa tebal TR berlatih menembak sampai mahir. Bahkan di kemudian hari ia terobsesi dengan olahraga yang melatih ketahanan, kekuatan dan keterampilan seperti tinju, gulat, dayung, berkuda, mendaki.
Ia bahkan menjadi petenis andal, tidak hanya itu judo, karate dan renang semua olahrga tersebut dikuasai oleh TR. Nasihat ayahnya benar-benar merasuki jiwanya.
Berkat kerja keras dan kedisiplinannya akhirnya ia diterima bersekolah di Harvard sebelum belajar hukum di Columbia Law School. Dan memulai karirnya di bidang politik.
Mungkin di antara Anda ada yang mengalami ketidakberuntungan atau kesulitan-kesulitan.
Jika Theodore Roosevelt yang lahir dalam kondisi “penyakitan” saja bisa bangkit hingga akhirnya terpilih menjadi presiden Amerika Serikat, saya rasa Anda yang secara kondisi fisik lebih baik mestinya bisa lebih dari apa yang sudah diraih oleh beliau.
Masalahnya bukan BISA atau TIDAK BISA. Tapi MAU atau TIDAK MAU.
Kalau TR mau toh bisa saja dia tidak usah repot-repot berlatih keras dan beralasan bahwa tubuhnya yang lemah ini lah yang menghambatnya untuk berkarya.
Toh keluarganya berasal dari kalangan bangsawan yang kaya raya tanpa dia harus bekerja keras pun dia masih bisa hidup dengan sangat layak.
Tapi nyatanya tidak. TR tidak pernah mengeluhkan kondisinya. Bahkan TR bangkit, berlatih, menempa dirinya dengan sangat keras hingga akhirnya berhasil meraih mimpinya.
Jika kita lihat orang-orang sukses tidak suka mengeluh dengan kondisinya. Mereka sangat berdisiplin dan berjuang keras mengalahkan kesulitan dan hambatan yang mereka hadapi.
Orang besar tidak dilahirkan dari kesenangan
Nah saya membawa kabar menggembirakan nih. Kali ini saya akan menantang Anda untuk berubah dan bertumbuh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dibalik kesuksesan presiden termuda amerika serikat

Akhir pekan kemarin saya membaca kisah tentang Theodore Roosevelt. Anda mungkin sudah  tidak asing lagi dengan nama tersebut. Ya, betul T...