Jumat, 19 Januari 2018

AP ITU KEBENARAN ?

OM SUASTIASTU,

APA ITU KEBENARAN ?

Mari semeton Hindu diskusikan bersama !

Mengapa kita perlu mendiskusinya ?  Supaya  kita bisa menanggapi atau menyelesaikan suatu masalah dgn jelas karena kita tahu alat ukurnya suatu kebenaran. Kita mengetahui apa itu kebenaran gunanya untuk bekal hidup sehari-hari dlm mencapai tujuan.

         Sering kita mendengar kata kebenaran bahkan sudah familiar ditelinga kita, tetapi ketika ada orang bertanya apa itu kebenaran maka mungkin kita akan kesulitan juga menjelaskannya karena kita belum pernah memahaminya padahal kita setiap saat mengucapkannya.
         Kebenaran secara umum diberikan pengertian adalah sesuatu yg sulit dibantah. Contoh : matahari terbit ditimur dan terbenam di barat, 2x2 sama dengan 4 itulah kebenaran yg sulit dibantah. Kebenaran dibagi menjadi 3 jenis atau derajat kebenaran ada 3 jenis yaitu :
1. Kebenaran theologi/Kebenaran agama yaitu kebenaran yg ada sesuai petunjuk   kitab suci agama. Kebenarannya bersifat doktrin/dogmatis dan absolut, tidak bisa dibantah, langgeng/tidak berubah. Apa yg tercantum dalam kitab sucinya itu lah kebenaran dan diyakini kebenarannya.  Tidak perlu pembuktian karena tidak ada alat untuk membuktikannya, contoh Dewa Brahma adalah Dewa Penciptda dalam agama Hindu, dan itu akan tetap berlaku tak mungkin berubah menjadi Dewa Brahma adalan Dewa pemelihara dalam agama Hindu. Widhi hana tan hana : Tuhan ada namun tiada itulah kebenaran dogmatis sulit dibantah.
2. Kebenaran ilmiah adalah kebenaran yg bisa diuji secara ilmiah. Kebenaran ilmiah bisa diuji dilaboratorium ilmu pengetahuan dgn menggunakan dalil2 ilmu pengetahuan. Contoh kebenaran ilmiah ilmu fisika : setiap benda yang dilempar keatas pasti jatuh kembali kebumi karena adanya gravitasi bumi. Besarnya gravitasi bumi adalah 9,8 m/dt hal ini bisa diuji dilaboratorium . Kebenaran ilmiah sifatnya relatif, tidak kekal bisa dibantah dgn kebenaran ilmiah pula. Artinya kebenaran teori ilmu pengetahuan bisa gugur kalau ditemukan teori ilmu pengetahuan baru dgn obyek yg sama. Contoh teori dlm alam semesta dahulu orang percaya bahwa matahari menglilingi bumi dikenal dgn Geosentris, yaitu bumi sebagai sumbu tata surya, matahari dan planet yg lain menglilingi bumi. Akhirnya teori ini dibantah oleh Sucrates pemikir Yunani. Ia mengemukakan bahwa bukan matahari dan planet2 lainnya yg mengelilingi bumi tetapi bumi dan planet2 yg lain mengelilingi matahari dan matahari sebagai sumbu pusat tata surya, walaupun ditentang oleh penguasa saat itu sampai Sucrates rela minum racun karena kokoh dgn pendapatnya, ia dihukum mati dgn disuruh minum racun oleh penguasa saat itu. Kebenaran teori ini dibuktikan kembali oleh Galilea-Galilei dan berlaku sampai sekarang
3. Kebenaran fisafat adalah kebenaran berdasarkan  pemikiran secara filsafat /logika (pemikiran secara mendalam). Kebenaran filsafat dihasilkan dengan diskusi dan perdebatan yg argumentatif, logis, dan masuk akal. Ada metode2 pemikiran yg digunakan yg diistilahkan dgn premus mayor dan premus minor. Contoh :
Orang cerdas biasanya bijak, orang sejahtera biasanya bijak, orang bodoh dan pemalas biasanya emosi. Jadi kesimpulannya orang cerdas dan sejahtera biasanya bijak namun orang bodoh dan pemalas biasanya malas. Kebenaran filsafat sifatnya relatif dan bisa diperdebatkan dgn dalil2 filsafat.

 Apa gunanya kita memahami kebenaran yg berjenjang/berjenis-jenis itu ?
Gunanya agar bisa menanggapi sesuatu permasalahan dgn tepat, sehingga nyambung tidak bias. Umpama permasalahan agama ,maka  digunakanlah tutur agama, maupun dalil agama untuk menanggapinya tidak menggunakan kajian ilmiah spt dalil fisika mapun  kimia dan logika.  Demikian juga ketika berbicara ilmiah spt ekonomi, hukum, fisika, kimia tentu yg digunakan dalil2 ilmiah. Ketika berbicara filsafat tentu yg digunakan adalah logika.

Ketika ngukur berat alat yg digunakan pastilah kiloan dan sejenisnya, ketika ngukur panjang alat yg digunakan pastilah meteran dan sejenisnya, sehingga nyambung tidak bias dan melenceng.
        Demikian kiranya kalau tak berkenaan tak usah jauh2 kesungai dan kelaut untuk membuangnya cukup anggap angin lalu. Semoga rahayu semuanya.

      OM SHANTI SHANTI SHANTI OM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dibalik kesuksesan presiden termuda amerika serikat

Akhir pekan kemarin saya membaca kisah tentang Theodore Roosevelt. Anda mungkin sudah  tidak asing lagi dengan nama tersebut. Ya, betul T...